Blog pembelajaran sekolah untuk meningkatkan akademiknya, cocok untuk pelajar dan pengajar (menggunakan soal latihan untuk siswa nya). Tetap semangat belajar untuk masa depan :)
Thursday, January 14, 2021
Wednesday, January 13, 2021
Tuesday, January 12, 2021
Latihan soal dan Pembahasan Biologi Kelas X Bab 2 Keanekaragaman Hayati
Bab 2 Keanekaragaman Hayati
1. Perbedaan yang ditemukan di antara sesama tanaman apel dalam satu kebun disebut.....
A. evolusi
B. adaptasi
C. variasi
D. keseragaman
E. adaptasi dan variasi
A. lingkungan
B. induknya
C. jenisnya
D. lingkungan dan gen
E. gen atau plasma nutfah
Pada suatu taman hidup organisme berikut.
O mangga arum manis
Q = aren
S = pinang
P = kelapa gading
R = kelapa hibrida
T = mangga gedong
A. O dan T, P danR
B. Q dan T, P dan R
C. Q dan S, P dan T
D. Q dan R, P dan S
E. P dan R, S dan T
A. P.Q, dan R
B. P,Q. dan S
C. R, S, dan T
D. Q, R, dan S
E. R, S, dan T
A. sumber energi primer
B. jenis produsennya
C. produktivitasnya
D. komponen biotiknya
E. komponen abiotiknya
A. eksploitasi yang sebesar-besarnya untuk kemak muran
B. memanfaatkan keanekaragaman semaksimal mungkin
C. perlu mencari sumber daya pengganti atau alternatif
D. eksploitasi lebih rendah dari kemampuan reproduksi
E. memperhatikan asas kelestarian dan keseimbangan
A. banteng
B. badak bercula satu
C. orangutan
D. cenderawasih
E. jalak
A. altituda, latituda, dan tanah
B. kadar O2, tanah, dan kelembapan
C. unsur hara, cahaya matahari, dan latituda
D. altituda, CO2 dan tanah
E. makanan, altituda, dan tanah
A. menyederhanakan objek kajían
B. melestarikan jenis makhluk hidup
C. memberi nama ilmiah makhluk hidup
D. menentukan ciri setiap makhluk hidup
E. menentukan persamaan makhluk hidup
A. satu genus
B. satu famili
C. satu spesies
D. satu ordo
E. satu kingdom
A. habitat dan warna rambutnya sama
B. warna dan bentuk rambut sama
C. jenis makanan dan cara makan sama
D. cara reproduksi dan jumlah anak sama
E. dalam perkawinan menurunkan keturunan yang fertil
A. spesies sama, genusnya berbeda
B. spesies berbeda, genus sama
C. genus berbeda, suku sama
D. spesies sama, suku berbeda
E. suku sama, bangsa berbeda
A. gajah, badak, dan orang utan
B. komodo, biawak, dan babi rusa
C. cendrawasih, maleo, dan kasuari
D. babi rusa, tapir, dan maleo
E. pesut, anggrek hitam, dan bekantan
A. Tropika
B. Australia
C. Oriental
D. Continental
E. Malenesia
A. terletak di antara dua benua dan dua samudra
B. memiliki kesamaan flora dan fauna dengan
Oriental dan Australia
C. memiliki iklim tropis dengan curah hujan cukup tinggi
D. sebagai daerah migrasi hewan-hewan dunia
E. sebagai daerah kepulauan yang telah terpisah
dari daratan Benua Asia
A. koleksi
B. proteksi
C. budi daya
D. in situ
E. ex situ
A. genus
B. famili
C. ordo
D. kelas
E. divisi
1. Rossa sinensis
2. Thea sinensis
3. Musa textilis
4. Musa paradisiaca
Berdasarkan nama ilmiahnya, makhluk hidup yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah..
A. I dan 2
B. I dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 3 dan 4
A. (1,2, dan 3) dan (4, 5, dan 6)
B. (1,3, dan 4) dan (2, 5, dan 6)
C. (1 dan 4) dan (2, 3, 5 dan 6)
D. (2, 4, dan 6) dan (1, 3, dan 5)
E. (2, 3, dan 5) dan (1, 2, dan 4)
1. Curcuma Domestica
2. Musa textilis
3. Felix domestica
4. Musa paradisiaca
5. Solanum lycopersicum
A. 1,2, dan 3
B. 1,3, dan 4
C. 2,3, dan 5
D. 2,4, dan 5
E. 3, 4, dan5
A. gen
B. jenis
C. individu
D. komunitas
E. ekosistem
(Ujian Nasional 2009)
22. Perhatikan hewan-hewan pada gambar berikut ini!

A. Rodentia
B. Monotremata
C. Marsupialia
D. Primata
E. Karnivora
(Ujian Nasional 2011)
A. padi, jagung, sagu, ketela pohon, ubi jalar
B. jagung, cantel, sagu, kacang tanah, kedelai
C. sagu, tebu, kacang panjang, wortel, serai
D. tebu, cantel, jagung, kacang kapri, kedelai
E. kentang, terong, jagung, sagu, ketimun, ubi cilembu
1. Menjaga daur materi dan aliran energi
2. Menyediakan sumber energi tubuh manusia
3. Menjaga keseimbangan komponen lingkungan
4. Menjaga ketersediaan sumber protein dan lemak
5. Menjaga ketersediaan plasma nutfah
6. Menyediakan papan dan bahan sandang
7. Untuk dinikmati kicauan dan keindahan warna bulunya
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 2 dan 5
D. 4 dan6
E. 5 dan 7
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 5
D. 4 dan 6
E. 5 dan 7
Latihan soal dan Pembahasan Biologi Kelas X Bab 1 Ruang Lingkup Biologi
Bab 1. Ruang Lingkup Biologi
1. Pernyataan yang paling tepat mengenai pengertian biologi adalah ilmu yang mempelajari ...
A. arti dari keseimbangan alam
B. hubungan antara makhluk hidup dengan alam
C. adanya jaring-jaring kehidupan
D. semua makhluk hidup yang ada sekarang ini
E. makhluk hidup yang ada sekarang maupun yang telah punah
A. dikembangkan berdasarkan pengalaman pribadi
B. objek kajiannya berupa hipotesis
C. menggunakan cara berpikir logis
D. menggunakan langkah-langkah yang konkret
E. hasil kajiannya bersifat subjektif
A. Lima kingdom, di antaranya Eubacteria dan Animalia
B. dua kingdom yaitu organisme mikroskopis dan makroskopis
C. tiga kingdom yaitu monera, plantae dan animalia
D. lima kingdom, di antaranya adalah Eubacteria dan Mycota
E. lima kingdom, di antaranya adalah Monera dan Protista
A. animalia, biosfer, dan plantae
B. organisme, populasi, dan komunitas
C. molekul, sel, jaringan, dan organ
D. plantae, komunitas, dan populasi
E. populasi, komunitas, dan planet
A. komunitas
B. organismne
C. bioma
D. populasi
E. ekosistem
A. fisiologi dan anatomi
B. genetika dan biometrika
C. zoologi dan taksonomi
D. anatomi dan morfologi
E. sanitasi dan ekologi
A. antibiotik penisilin dari ekstrak umbi
B obat pembunuh kuman dari bahan kimia
C.antibiotik penisilin yang dihasilkan jamur tertentu
D. bahan kimia penghambat pertumbuhan jamur
E. antibiotika yang dihasilkan bakteri
1. ahli farmasi
2. dokter
3. ahli nuklir
4. ahli patologi
5. ahli etimologi
6. ahli fisiologi
Profesi yang berbasis biologi adalah
D. 2, 3, dan 5
A. 1,2, dan 3
E. 2,4, dan 6
B. 1,2, dan 5
C. 1,3, dan 4
1 = komunitas
2 = organisme
3 = populasi
4 = ekosistem
Urutan organisasi kehidupan dari yang rendah ke yang lebih tinggi adalah ...
A. 2-1-3-4
B. 2-3-1-4
C. 2-3-4-1
D. 2-4-3-1
E. 3-2-1-4
A morfologi
B. anatomi
C. organologi
D. fisiologi
E. sitologi
A. hubungan antarindividu dalam suatu daerah
B kesatuan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya
C. hubungan timbal balik antarmakhluk hidup dalam areal tertentu
D. perkembangan makhluk hidup secara lambat dan lama
E. kesatuan hubungan antarindividu dalam suatu daerah
A. parasitologi
B. patologi
C. sitologi
D. embriologi
E. teratologi
A. ekologi
B. ekosistem
C. sanitasi
D. higienies
E. lingkungan
1. kain sutera
2. ember plastik
3. kain nilon
4. kain katun
5. minyak sawit
6. bola plastik
Barang yang merupakan hasil penerapan biologi di bidang industri adalah ...
A. 1,2, dan 3
B. 1,2, dan 4
C. 1,4, dan 5
D. 2,3, dan 5
E. 3,4, dan 5
A. embriologi
B. fisiologi
C. anatomi dan morfologi
D. genetika
E. hortikultura
A. anatomi
B. reproduksi
C. genetika
D. morfologi
E. fisiologi
A. anatomi
B. reproduksi
C. genetika
D. morfologi
E. fisiologi
A. identifikasi masalah - hipotesis – observasi - eksperimen analisis data menarik kesimpulan
B. merumuskan masalah pengumpulan keterangan- hipotesis - eksperimen- menarik kesimpulan
C. identifikasi masalah - observasi - hipotesis - eksperimen menarik kesimpulan
D. observasi merumuskan masalah – menyusun hipotesis- eksperimen menarik kesimpulan.
E. merumuskan masalah -melakukan observasi - mengajukan hipotesis eksperimen - menarik
kesimpulan
A. menguji ulang hasil eksperimen
B. membantu memecahkan masalah
C. berusaha menemukan jawaban
D. rasa ingin tahu terhadap segala sesuatu
E. memecahkan teka-teki lingkungan
I. oksigen dibebaskan selama fotosintesis
II. iodium memberikan reaksi warna hitam pada amilum
III. KOH mengikat karbon dioksida
IV. fotosintesis berlangsung pada bagian daun yang berklorofil
Pernyataan yang merupakan hasil kesimpulan eksperimen adalah ...
A. I dan II
B. I dan III
C. I dan V
D. II dan IlI
E. II dan IV
Untuk soal nomor 21 dan 22, perhatikan kasus berikut.
Pot Berisi Pasir |
Kadar Pupuk Urea |
Tinggi Batang Setelah 1 Minggu |
Keterangan |
A |
100 gr/l |
8 cm |
Pertumbuhan
terganggu, daun layu |
B |
75 gr/1 |
13 cm |
Batang
dan daun segar |
C |
45 gr/l |
11 cm |
Batang
dan daun segar |
D |
0 |
8 cm |
Batang
dan daun segar, warna kekuningan |
A. tinggi batang
B. jenis pot dan pasir
C. warna batang dan daun
D. kadar pupuk
E. keadaan batang dan daun
A. tinggi batang
B. jenis pot dan pasir
C. warna batang dan daun
D. kadar pupuk
E. keadaan batang dan daun
Kesimpulan tersebut diperoleh berdasarkan ...
A. analisis hasil eksperimen
B. penyusunan hukum dan teori
C. perumusan masalah dan hipotesis
D. observasi dan pengumpulan data
E. penyusunan hipotesis

B. bahan mudah bereaksi dengan bahan kimia lain
C. bahan menghasilkan panas bila bersentuhan dengan bahan mudah terbakar
D. bahan kimia mudah meledak bila terkena panas atau api
E. bahan beracun dan mudah meledak di dalam ruangan
A. kotak P3K lengkap dengan obat-obatan ringan
B. saklar pusat untuk listrik
C. alat pemadam kebakaran
D. bahan kimia, mikroskop dan pinset
E. peraturan tentang cara bekerja di laboratorium
Latihan soal dan Pembahasan IPA Kelas VIII Bab 3 Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Serta Pemanfaatannya dalam Teknologi
Uji Kompetensi Bab 3
A. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
a. epidermis
b. endodermis
c. korteks
d. silinder pusat
a. felogen
b. xilem
c. parenkim kayu
d. lingkaran tahun
a. berkas pengangkut pada dikotil tersusun tidak beraturan
b. berkas pengangkut pada monokotil tersusun beraturan
c. berkas pengangkut pada dikotil dipisahkan oleh kambium
d. berkas pengangkut dikotil tidak memiliki kambium
4 Perhatikan Gambar berikut.
a. palisade, berperan dalam pengangkutan air
b. palisade, berperan dalam fotosintesis
c. spons, berperan dalam pengangkutan air
d. spons, berperan dalam fotosintesis

a. Memperluas daerah penyerapan air dan unsur hara dari tanah
b. Melindungi akar ketika menembus tanah
c. Mengangkut air dan unsur hara dari tanah
d. Menopang pohon untuk tetap dapat berdiri
6. Perhatikan gambar di bawah!
a. 1 dan 3
b. 2 dan 5
c. 3 dan 4
d. 3 dan 5
a. epidermis bulu akar - parenkim endodermis xilem akar
b. epidermis bulu akar - endodermis - parenkim xilem akar
c. epidermis bulu akar- kambium parenkim xilem akar
d. kulit luar - kambium -endodermis - xilem akar
a. mengetahui bahwa hasil fotosintesis adalah amilum
b. mengetahui bahwa amilum terdapat pada seluruh baagian daun
c. mengetahui bahwa klorofil diperlukan dalam fotosintesis
d. mengetahui bahwa pada fotosintesis terbentuk gas oksigen
a. jaringan palisade dan stomata
b. jaringan spons dan epidermis
c. jaringan palisade dan xilem
d. jaringan spons dan floem
a. rambut akar
b. epidermis
c. endodermis
d. floem
Monday, January 11, 2021
Latihan Soal dan Pembahasan IPA Kelas VIII Bab 2 Gerak Rangka Otot dan Pesawat Sederhana
Uji Kompetensi Bab 2
A. Pilihlah jawaban yang
benar!
1. Salah satu bagian
penyusun tulang yang menghasilkan sel-sel daran
merah dan sel-sel darah
putih adalah.
a. kartilago
b. periosteum
c. tulang kompak
d. sumsum merah tulang
2. Salah satu fungsi
sistem rangka adalah melindungi organ internal. Pada
tubuh manusia tulang
yang melindungi paru-paru, dan otak secara
berturut-turut adalah
tulang...
a. rusuk dan tulang
tengkorak
b. tengkorak dan tulang
rusuk
c. belakang dan tulang
tengkorak
d. belakang dan tulang
rusuk
3. Berikut ini merupakan
fungsi dari sistem rangka, kecuali
a. alat gerak aktif,
sehingga tulang dapat bergerak
b. tempat utama
menyimpan kalsium dan fosfor
c. memberikan bentuk
pada tubuh dan mendukung tubuh
d. melindungi organ
internal
4. Berikut ini merupakan
contoh otot yang bekerja secara sadar dan tidak
sadar yang disebutkan
secara berturut-turut adalah ...
a. otot jantung dan otot
gastronemius
b. otot jantung dan otot
dahi
c. otot jantung dan otot
trisep
d. otot bisep dan otot
jantung
5. Tipe persendian yang
terdapat pada rahang adalah..
a. sendi geser
b. sendi pelana
c. sendi putar
d. sendi engsel
6. Berikut ini yang
bukan merupakan prinsip pesawat sederhana .
a. melakukan kerja
b. memperbesar massa
beban
c. mempermudah kerja
d. memperbesar gaya
Perhatikan gambar di
bawah ini! Gambar berikut sebagai acuan untuk
menjawab pertanyaan
nomor 7 dan 8.
7. Alat yang termasuk ke dalam golongan bidang miring adalah ...
a. A
b. B
c. C
d. D
8. Alat yang termasuk ke
dalam golongan roda berporos adalah.
a. A
b. B
c. C
d. D
9. Perhatikan gambar di bawah!
Prinsip kerja tangan anak pada gambar koper tersebut sama dengan prinsip kerja
pengungkit jenis ...
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
10. Berikut merupakan
gambaran skematis tangga yang ada di rumah Toni.
Panjang tangga tersebut
adalah 8 meter, sedangkan ketinggiannya adalah
Keuntungan mekanik dari
penggunaan tangga tersebut adalah
a. 1/2
b. 2
c. 4
d. 8
Latihan Soal dan Kunci Jawaban B. Inggris Grades 8 Chapter 12 – Opinion
Chapter 12 – Opinion 1. Jeni: ........... Asri : I think the red gown suits you. A. Do you like the red gown? B. Is it a red gown? C. What...
-
Latihan Bab 7 Plantae Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar. 1. Perhatikan ciri-ciri organisme berikut. 1. Multiseluler eu...
-
Chapter 12 – Opinion 1. Jeni: ........... Asri : I think the red gown suits you. A. Do you like the red gown? B. Is it a red gown? C. What...